Sutradara-sutradara Box Office Terbaik Hollywood yang Karyanya Sangat Fenomenal

Sutradara-sutradara Box Office Terbaik Hollywood yang Karyanya Sangat Fenomenal

Dalam penggarapan sebuah film, seorang sutradara punya peranan yang penting banget untuk film nya bisa jadi Box Office. Mereka adalah sosok yang mengarahkan pemain dan crew guna memperoleh gambar terbaik. Mereka haruslah punya kemampuan dan intelegensi di atas rata-rata agar alur dan plot film makin bermakna. Sutradara terbaik Hollywood dibawah ini juga  dikenal karena karyanya yang sangat fenomenal dan film-filmnya mendapat sambutan hangat dari pecinta film.


Berikut adalah Sutradara-sutradara Terbaik Hollywood yang Karyanya Sangat Fenomenal  yang Shevakevin.com himpun dari berbagai sumber:


1. Christopher Nolan
Christopher Nolan

Christopher Nolan lahir di London, Inggris, 30 Juli 1970 merupakan seorang sutradara, penulis, dan produser berkebangsaan Inggris. Ayahnya berasal dari Inggris sedangkan ibunya berasal dari Amerika. Dia dilahirkan di London. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1989.

Christopher Nolan dikenal dalam dunia film berkat karya film fenomenalnya berjudul Trilogi Dark Knight (Batman Begins, The Dark Knight, The Dark Knight Rises).
FIlm lainya yang sangat fenomenal yang dibuat oleh Christopher Nolan yaitu film berjudul Memento (2000), The Prestige (2006), Inception (2010), Interstellar (2014). Nolan juga pernah membuat film dokumenter tentang sosok sutradara Stephen Quay berjudul Quay (2015).

Film terakhirnya di tahun 2017 adalah Dunkirk, mendapat rating yang bagus. Semua karya Nolan selalu mendapat respon positif dari semua penggemar film.


2. Peter Jackson
Peter Jackson

Sir Peter Robert Jackson,lahir 31 Oktober 1961, berasal dari Selandia baru adalah sutradara hebat yang meraih Academy Award, Golden Globe dan BAFTA. Peter Jackson dikenal karena menyutradarai film yang sangat fenomenal yaitu trilogi film The Lord of the Rings, dan juga film trilogi The Hobbits.

Dengan menjadi sutradara dari Film The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) membawa Peter Jackson meraih 3 piala Oscar sekaligus. Penghargaan tersebut yaitu untuk kategori Best Picture, Best Director, dan Best Writing, Adapted Screenplay. Dan perlu anda tahu juga jika Peter Jackson ini juga merupakan penggarap film fenomenal lainya King Kong (2005).

Menarik ditunggu, kira-kira film berkualitas apalagi yang bakalan ditangani sama Peter Jackson!


3. James Cameron
James Cameron

Mendengar nama James Cameron tentu bukanlah nama yang asing untuk para penggemar film. James Francis Cameron lahir 16 Agustus 1954 merupakan seorang sutradara berkebangsaan Kanada yang memenangkan nominasi Academy Award. Dia dilahirkan di Kapuskasing, Ontario. Dia mulai berkarier di dunia film sejak tahun 1978. Selain dikenal sebagai seorang sutradara juga dikenal sebagai seorang engineer, filantropis, dan juga seorang penyelam.

FIlm Titanic (1997) merupakan salah satu film paling fenomenal yang sudah dibuat oleh James Cameron. Selain film Titanic, film karya James Cameron yang tidak kalah fenomenal yaitu film sains fiksi Avatar (2009), dan film Aliens (1986). James Cameron ini juga dikenal dari film Terminator.


4. Bryan Singer


Bryan Singer
Bryan Singer ini sangat dikenal sebagai seorang sutradara film spesialis film X-Men. Film-film fenomenal karya Bryan Singer ini diantaranya yaitu empat judul film ini yaitu; X-Men tahun 2000, X-Men 2 tahun 2003, X-Men: Days of Future Past tahun 2014, dan juga film X-Men: Apocalypse.

Sebelum menggarap film-film X-Man tersebut, Bryan Singer juga sudah pernah membuat sebuah film film drama kriminal berjudul The Usual Suspects (1995).


5. Clint Eastwood
Clint Eastwood

Film yang dikenal sangat fenomenal yang disutradarai oleh Clint Eastwood yaitu film berjudul Million Dollar Baby pada tahun 2004 yang lalu. Berkat film itu juga mampu mengantarkan namanya meraih Best Director Piala Oscar.

Film lain yang disutradarai Clint Eastwood yaitu film berjudul Unforgiven (1992) juga meraih Best Picture, dan Best Director. Diluar kedua film itu masih ada lagi Film yang fenomenal yaitu film sejarah, Flags of Our Fathers (2006), dan Letters from Iwo Jima (2006), biopik Chris Kyle berjudul American Sniper (2014) serta film terbarunya tentang pilot heroik Chesley ‘Sully’ Sullenberger berjudul Sully (2016).


6. Ridley Scott
Ridley Scott

Sir Ridley Scott lahir di South Shields, 30 November 1937 adalah seorang sutradara berkebangsaan Inggris yang memenangkan nominasi Golden Globe, Emmy Award, dan BAFTA. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1965. Dia menjadi terkenal saat menyutradarai film utamanya seperti Alien, Blade Runner, Thelma & Louise, Gladiator, Black Hawk Down, Matchstick Men, Kingdom of Heaven, dan American Gangster.

Ridley Scott berhasil membuat film fenomenal berjudul Alien (1979). Selain itu, dia juga menyutradarai sejumlah film yang dibintangi Russel Crowe Gladiator (2000), Kingdom of Heaven (2005), dan The Martian (2015).


7. Quentin Tarantino


Quentin Tarantino
Quentin Jerome Tarantino lahir 27 Maret 1963; umur 48 tahun adalah seorang sutradara, aktor, dan penulis skenario yang pernah memenangkan piala Oscar asal Amerika Serikat.

Film pertama yang dibuatnya adalah Love Birds in Bondage (1983) ketika usianya 20 tahun. Namun film pendek ini tidak selesai. Film pertamanya yang dirilis adalah My Best Friend's Birthday (1987) bergenre komedi. Film Reservoir Dogs (1992) sepanjang 1 jam 39 menit mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Yang paling diingat dari sutradara bertangan dingin ini adalah filmnya berjudul Pulp Fiction yang dirilis pada tahun 1994. Sampai sekarang garapannya yang satu itu masih sering banget ditonton. Terus judul lain yang juga melambungkan nama Quentin Tarantino juga adalah Django Unchained (2012).

Beberapa film terkenal garapan Tarantino yang lainnya adalah Pulp Fiction (1994), Kill Bill: Vol. 1 (2003), Kill Bill: Vol. 2 (2004), Inglourious Basterds (2009), Django Unchained (2012)


8. David Fincher
David Fincher


Film fenomenal berjudul Se7en di tahun 1995 jadi tonggak bersejarah buat pria yang satu ini. Bertahap, David Fincher mulai mengerjakan proyek lain, kayak The Game (1997), Zodiac (2007), dan yang paling tenar adalah Gone Girl (2014).

Se7en (1995), The Game (1997), Fight Club (1999), Zodiac (2007), Gone Girl (2014)? Itu adalah beberap film garapannya. Fincher juga menggarap 2 episode paling awal serial tv House of Cards.


9. Martin Scorsese
Martin Scorsese

Martin Charles Scorsese adalah sutradara selanjutnya yang berasal dari Amerika dan lahir pada 17 Oktober 1942. Namanya juga tercatat sebagai aktor, produser, screenwriter serta pegiat film sejarah. Dia menjadi pendiri The Film Foundation (tahun 1990), semacam organisasi nirlaba yang fokus pada pelestarian film. Lalu pada tahun 2007, dia juga mendirikan World Cinema Foundation. Karena kontribusi besarnya di dunia sinema, ia juga mendapatkan AFI Life Achievement Award. Penghargaan bergengsi lain yang sudah diraihnya meliputi Academy Award, Golden Globes, Emmy, Palme d’Or, BAFTA dan DGA Awards.

Beberapa filmnya memiliki tema tentang identitas orang Italia-Amerika, atau konsep ala katholik Roma terkait kriminalitas modern, kekerasan, rasa bersalah & penebusan, dsb. Sutradara AS ini memenangkan Piala Oscar kategori Best Achievement in Directing untuk film The Departed (2006) yang menghadirkan aktor kenamaan Leonardo DiCaprio, Matt Damon, dan Jack Nicholson.

Film ternama lainnya sudah hits sejak tahun 1970an, antara lain adalah Taxi Driver (1976), The Last Waltz (1978), Raging Bull (1980), After Hours (1985), Goodfellas (1990), Cape Fear (1991), The Age of Innocence (1993)

Film era 2000annya yang hits misalnya Gangs of New York (2002), The Aviator (2004),  Shutter Island (2010), and Hugo (2011), George Harrison: Living in the Material World (2011), The Wolf of Wall Street (2013). Scorsese juga membuat dokumenter Bob Dylan berjudul No Direction Home: Bob Dylan.


10. Steven Spielberg
Steven Spielberg

Nama yang sudah tidak asing lagi di industri perfilman. Dialah Steven Allan Spielberg, sutradara yang lahir pada 18 Desember 1946 di Cincinnati, Ohio. Selain sebagai pengarah film, lelaki asal Amerika ini juga berprofesi sebagai produser, desainer video game, screenwriter serta entrepreneur studio. Dia sudah melanglang buana selama lebih dari empat decade.

Berbagai tema atau genre film pun sudah dilahapnya. Namun kini topic film yang sering ia angkat mulai mengerucut pada terorisme, perbudakan, perang dan bencana. Rata-rata buah karyanya itu menjadi blockbuster Hollywood. Tak heran kalau namanya begitu berpengaruh dalam sejarah perfilman dunia. Forbes pernah menyatakan kalau kekayaan sutradara ini mencapai $3 milyar.

Spielberg menjadi salah-satu pendiri studio film ternama, DreamWorks. Jerih payahnya kerap diapresiasi dengan berbagai penghargaan bergengsi serta keuntungan financial yang begitu besar. Beberapa film terkenal yang sudah diarahkannya termasuk Jaws (1975), Saving Private Ryan (1998), Jurassic Park (1993), dll.

Sejauh ini Spielberg meraih 3 penghargaan Oscar. Antara lain film sejarah pembantaian bangsa yahudi di Jerman, Schindler's List (1993) kategori Best Picture dan sosok tiga bersaudara prajurit AS, Saving Private Ryan (1998) kategori Best Director, dan Best Picture.

Tercatat di imdb, film pertamanya adalah The Last Gun (1959) yang berdurasi 8 menit. Dia juga menulis beberapa miniseri seperti Band of Brothers (2001), Taken (2002), Into the West (2005), The Pacific (2010). Dia terkenal dengan film Indiana Jones. Juga masih ada film-film ternama lainnya berjudul Lincoln (2012) dan Bridge of Spies (2015).


11. Frank Darabont
Frank Darabont

Pria 57 tahun alumnus Hollywood High School ini menggarap film yang mendapatkan peringkat no 1 dalam 250 IMDB Best Movie All the Time, yaitu The Shawshank redemption (1994) dan The Green Mile (1999).

Menegangkannya serial The Walking Dead adalah hasil sentuhan sutradara yang satu ini Frank Darabont.


12. Robert Zemeckis

Robert Zemeckis

Robert Lee "Bob" Zemeckis lahir 14 Mei 1952; umur 59 tahun adalah sutradara, produser dan penulis naskah pemenang Academy Awards dan Golden Globe Award Amerika Serikat. Karya yang paling terkenal antara lain FORREST GUMP dan CAST AWAY.

Masih ingat dengan film Forrest Gump (1994) yang di bintangi oleh aktor Tom Hanks ? Ya klo anda masih ingat, Robert Lee Zemeckis menyutradarai film tersebut. Forrest Gump (1994) mengantarkannya meraih Oscar untuk kategori Best Director.

Selain itu, beberapa film terkenal lain yang disutradarainya adalah film Back to the Future dan Cast Away (2000).


13. Alfred Hitchcock
Alfred Hitchcock

Alfred ‘Joseph’ Hitchcock lahir pada 13 Agustus 1899. Dia merupakan sutradara sekaligus produser asal Inggris yang memiliki andil besar dalam industri film. Beberapa kali dia menjadi pionir berbagai teknik, baik itu dalam suspense atau genre thriller psikologis pada umumnya. Awalnya dia berkarier di bioskop Inggris, sampai kemudian melebarkan sayap ke ranah Hollywood. Pada 19 April 1955, dia resmi menjadi warga Amerika. Dia menjalani karier selama lebih dari setengah abad.

Gayanya begitu lain dan berkarakter. Dialah yang berinisiatif untuk membuat kamera bergerak seolah-olah pemain sedang menatap, sehingga penonton seperti terlibat di dalamnya. Alfred Hitchcock juga membingkai ekspresi takut, empati atau gelisah dengan maksimal, apalagi dia memang menggunakan editing film yang cukup inovatif di eranya.

Genre film yang sering diarahkan bertema criminal, kekerasan atau pembunuhan. Mayoritas dari filmnya memiliki cerita yang kompleks, twist ending serta sangat menguji sisi psikologis para karakter di dalamnya. Sang sutradara kemudian meninggal 29 April 1980.

Film-film Alfred Hitchcock yang paling dikenal dan telah terpilih di United States National Film Registry, adalah Shadow of a Doubt (1943), Notorious (1946), Rear Window (1954), Vertigo (1958), North by Northwest (1959), Psycho (1960), and The Birds (1963)


14. Stanley Kubrick


Stanley Kubrick
Stanley Kubrick adalah sutradara asal Amerika yang lahir pada 26 Juli 1928. Dia tak hanya dikenal sebagai pengarah film, melainkan juga produser, editor, screenwriter dan cinematographer. Awalnya dia berkarier sebagai potografer di New York. Pasca lulus sekolah, dia mulai belajar berbagai aspek seputar produksi dan pengarahan film secara otodidak. Film yang menjadi karyanya mulai budget rendah sampai kelas blockbuster di Hollywood.

Biasanya film yang ia arahkan merupakan adaptasi dari novel atau cerita pendek. Temanya beraneka. Ada yang tentang peperangan, science fiction, horror, dsb. Setiap hasil karyanya dipandang tidak biasa dan terlihat begitu real.

Stanley Kubrick memang terkenal sebagai sosok yang perfeksionis, telaten dan selalu menjalin hubungan baik dengan para pemain filmnya. Adalah rumahnya, yang sekaligus menjadi tempat kerjanya. Di rumahnya dia menulis, mengedit, melakukan research atau melakukan manajemen produksi secara detail. Namun sutradara multitalenta ini sudah meninggal pada 7 Maret 1999.

Film-film Stanley Kubrick yang dikenal yaitu:
Full Metal Jacket (1987), The Shining (1980),   Barry Lyndon (1975),  A Clockwork Orange (1971),  2001: A Space Odyssey (1968),  Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb (1964),  Lolita (1962 ),  Spartacus (1960), Paths of Glory (1957), The Killing (1956),  Killer's Kiss (1955)


15. Francis Ford Coppola


Francis Ford Coppola
Francis Ford Coppola adalah sutradara, screenwriter sekaligus produser asal Amerika yang lahir pada 7 April 1939. Dia sudah diakui sebagai salah-satu sutradara yang memiliki inovasi dan pengaruh tinggi. Sebuah grup pembuat film sudah ia buat dengan nama “New Hollywood”. Di dalamnya terdapat nama-nama besar seperti Philip Kaufman, Martin Scorsese, Robert Altman, Woody Allen, dsb.

Dia sempat menjadi co-writer untuk script-nya film Patton di tahun 1970. Kinerjanya mendapat apresiasi dari Academy award dan dinobatkan sebagai Best Writing (Original Screenplay).

Reputasi dan popularitasnya semakin menanjak ketika ia sukses mengarahkan film setenar “The Godfather” di tahun 1972. Film tersebut juga yang mengarahkannya pada 3 Academy Awards. Ia pun sukses membawakan sekuelnya. Bahkan The Godfather Part II, yang rilis di tahun 1974, itu menjadi film sekuel pertama yang memenangkan Academy Award untuk kategori Best Picture.


16.Tim Burton
Tim Burton

Tim Burton lahir di Burbank, California, Amerika Serikat, 25 Agustus 1958 adalah sutradara Amerika Serikat yang terkenal dengan gaya-gaya gothic atau noir-nya. Kesan yang tampil dalam film-film Tim Burton adalah kesan suram dan sedikit humor gelap.

Karya nya yang paling terkenal adalah Edward Scissorhands (1990), Big Fish (2003), Charlie and the Chocolate Factory  (2005), dan  Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007)


17. Michael Bay
Michael Bay

Michael Benjamin Bay lahir 17 Februari 1965 adalah seorang sutradara dan produser film Amerika Serikat. Lulusan Universitas Wesleyan, Michael Bay menghabiskan usia 20-an untuk mengerjakan iklan dan video musik. Proyek pertamanya setelah sekolah film ada di bisnis video musik. Dia menciptakan video musik untuk Tina Turner, Meat Loaf, Lionel Richie, Wilson Phillips, Donny Osmond dan Divinyls.

Film-film sukses yang disutradarai Michael Bay diantaranya Transformers, Armageddon, The Rock, Pearl Harbor, Bad Boys, dan Bad Boys II.


Demikianlah ulasan artikel "Sutradara-sutradara Box Office Terbaik Hollywood yang Karyanya Sangat Fenomenal". Semoga bermaanfaat bagi para penggemar film.
Sutradara-sutradara Box Office Terbaik Hollywood yang Karyanya Sangat Fenomenal Sutradara-sutradara Box Office Terbaik Hollywood yang Karyanya Sangat Fenomenal Reviewed by sheva on 5:25:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.