Apa itu INCOTERMS ?

Berikut definisi "Incoterms" yang di kutip dari Wikipedia:

The Incoterms rules or International Commercial Terms are a series of pre-defined commercial terms published by the International Chamber of Commerce (ICC) relating to international commercial law. They are widely used in International commercial transactions or procurement processes as the use in international sales is encouraged by trade councils, courts and international lawyers. A series of three-letter trade terms related to common contractual sales practices, the Incoterms rules are intended primarily to clearly communicate the tasks, costs, and risks associated with the transportation and delivery of goods. Incoterms inform sales contract defining respective obligations, costs, and risks involved in the delivery of goods from the seller to the buyer. However, it does not constitute contract or govern law. Also it does not define where titles transfer and does not address the price payable, currency or credit items.


Incoterms adalah seperangkat tiga huruf- syarat perdagangan yang mencerminkan praktik bisnis ke bisnis dalam kontrak penjualan barang (sales contract). Incoterms disusun oleh organisasi kamar dagang internasional-kadin internasional ( International chamber of commercial-ICC). Incoterms pertam kali disusun dan diterbitkan pada tahun 1936, 1953, 1967, 1980 , 1990 , 2000 dan terakhir 2010.  Revisi Incoterms yang dilakukan setiap 10 tahun an  bertujuan untuk penyesuaian praktek bisnis yang berkembang saat itu. Incoterms yang terakhir direvisi adalah Incoterms 2000, namun pada tanggal 1 Januari 2011 ini , ICC – Kadin Internasional akan memberlakukan Incoterms 2010.

Berikut gambar jelas INCOTERMS :
Incoterm 2010

Berikut urutan dan penjelasan masing-masing deskripsi perdagangan INCOTERM 2010 sesuai dengan gambar di atas, yaitu:

1. EXW : Penjelasan Terms EXW (EX WORK) dalam INCOTERMS 2010
2. FCA : Penjelasan Terms FCA (FREE CARRIER) dalam INCOTERMS 2010
3. CPT : Penjelasan Terms CPT (CARRIAGE PAID TO) dalam INCOTERMS 2010
4. CIP : Penjelasan Terms CIP (CARRIAGE AND INSURANCE PAID TO) dalam INCOTERMS 2010
5. DAT : Penjelasan Terms DAT (DELIVERED AT TERMINAL) dalam INCOTERMS 2010
6. DAP : Penjelasan Terms DAP (DELIVERED AT PLACE) dalam INCOTERMS 2010
7. DDP : Penjelasan Terms DDP (DELIVERED DUTY PAID) dalam INCOTERMS 2010
8. FAS : Penjelasan Terms FAS (DELIVERED DUTY PAID) dalam INCOTERMS 2010
9. FOB : Penjelasan Terms FOB (FREE ON BOARD) dalam INCOTERMS 2010
10. CFR : Penjelasan Terms CFR (COST AND FREIGHT) dalam INCOTERMS 2010
11. CIF : Penjelasan Terms CIF (COST INSURANCE AND FREIGHT) dalam INCOTERMS 2010


Apa perbedaan incoterms 2000 dengan Incoterms 2010 ?
Perbedaannya adalah sebagai berikut :

  1. Jumlah ketentuan Incoterms dikurangi dari 13 menjadi 11. 
  2. Penghapusan ketentuan incoterms : DES, DEQ, DAP, DDU, diganti dengan DAT (Delivered at Terminal) dan DAP (Delivered At Place)
  3. 11 Ketentuan Incoterms 2010 disajikan hanya dalam dua kelompok berbeda, yaitu : Ketentuan untuk setiap moda atau multimoda ; dan ketentuan untuk transportasi laut dan perairan sungai dan danau, Sedangkan 13 ketentuan Incoterms 2000 dibagi atas 4 kelompok yang berbeda, yaitu: kelompok E, F, C dan D.
  4. Adanya catatan petunjuk (guidance note) dalam Incotems 2010, sementara di incoterms 200 belum ada.
  5. Jenis Pertanggungan asuransi secara jelas disebutkan yaitu berdasarkan Institute Cargo Clauses,
  6. Incoterms 2010  telah menekankan perlunya tentang safety and security ;dan juga telah membagi tanggungjawab dalam  pengurusan  izin terkait  safety and security , sementara Incoterms 2000 belum mengaturnya.
  7. Incoterms 2010 dapat diterapkan bukan hanya untuk perdagangan internasional akan tetapi juga untuk perdagangan domestik (domestics trade) dalam kontrak penjualan (sales contract)

Penulis menitikberatkan terhadap implementasi Incoterms 2010 terhadap perdagangan domestik. Implementasi ini tentu akan berdampak positif terhadap perdagangan domestik, khususnya di Indonesia. Para pembeli dan penjual domestik dapat membuat ketentuan incotems 2010 ini dalam setiap kontrak jual-beli.

Beberapa istilah dalam perdagangan yang sering dipraktekkan adalah : Penjualan Franco Gudang, Loco Gudang, FOT , Pengantaran sampai ditempat dan lain-lain, sebaiknya diubah dan mengikuti ketentuan Incoterms 2010. Oleh karena itu, para penjual dan pembeli dapat memilih salah satu kententuan yang ada dalam incotems 2010 di dalam kontrak penjualannya. Penggunaan kententuan Incoterms 2010 ini tentunya akan lebih memperjelas pembagian terhadap tanggung jawab dan biaya, dan juga peralihan resiko. Para pembeli dan penjual pun akan dapat menghitung biaya-biaya yang harus mereka tanggung dan resikonya sehingga perselisihan bisnispun dapat dihindari. Bagi para pelaku freight forwarder dan logistik  pun dapat lebih jelas apa dan dimana tanggungjawab dan resiko yang harus mereka hadapi, dan biaya apa saja yang mereka bebankan kepada customer sehingga penawaran yang diberikan kepada customer dapat lebih tepat. Oleh karena itu, Inconterms 2010 tentunya akan dapat bermanfaat lebih terhadap perkembangan perdagangan internasional, dan tentunya bagi kemajuan perdagangan domestik
Apa itu INCOTERMS ? Apa itu INCOTERMS ? Reviewed by Putra on 9:50:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.