Bagaimana Caranya mendapatkan Kerja Remote bagi Pemula?

Berikut saya beberkan cara dapat kerja remote luar negeri (kerja remote jangan cari lokal sangat nanggung) buat orang" yg bener" pemula dari nol berdasarkan pengalaman saya sbagai IT Consultant luar negeri & Remote worker luar negeri sejak 2019:

1. Belajarlah Bahasa Inggris

Buat orang" yang masih punya mindset "ngapain belajar bahasa asing gak guna" atau mental gap "Gak bisa bahasa enggres" buang jauh" impian anda untuk kerja remote luar negeri. Smua btuh yg namanya belajar.

2. Riset, Riset dan Riset (Jangan males)

Riset yang dimaksud disini adalah mencari" informasi di internet tentang skill apa aja yang akan dipelajari, sumber pembelajaran skill mana aja yg bisa didapatkan scara gratis maupun berbayar, bikin list profesi sesuai skill yg akan dipelajari, job desc apa yang nanti akan dikerjakan sesuai skill, dll.

Smakin anda sering riset", semakin anda tidak gmpang kena tipu di kemudian hari wkwk.

Usahakan belajar skill yang telah ditentukan minimal selama 6 bulan.

3. Freelance path or Agency Path?

Jika sudah merasa pede dengan skills anda, anda bisa memulai di jalur freelance atau jalur bekerja di agency lokal terlebih dahulu biar mengerti handle real project & cara handle klien itu seperti apa sambil bangun portfolio.

4. Build your personal branding

Jika anda mengambil jalur freelance dan ingin mendapatkan klien tiap bulan tanpa door to door bisa dicoba bikin personal branding dengan bikin konten" di social media entah IG, Tiktok, Youtube, dll.

Mulailah belajar berbisnis / jual skill anda dengan cara belajar cara bikin proposal penawaran yg benar, bikin project estimation, bikin invoice dll.

Dengan personal branding tidak hanya mendapatkan klien, mungkin kalian akan mendapatkan pekerjaan remote pertama kali.

Bisa juga dengan cara door to door menggunakan platform freelancer seperti Upwork dll tpi untuk pemula saya tidak menyarankan.

5. Join Community Group

Percaya atau tidak pada tahun 2019 slama saya masih kuliah bisa mendapatkan kerja remote pertama kali sbagai Wordpress Developer di agency Malaysia & Singapore lewat group komunitas skills di facebook. Kadang loker" remote juga banyak di grup" facebook.

6. Jangan Protes sama Proses

Proses mendapatkan kerja remote 2 digit memanglah tidak mudah. Perlu belajar, belajar untuk upgrade skills anda. Saya pun juga butuh waktu 5 tahun berdarah" untuk mendapatkan kerjaan 2 digit. Jangan gampang tergiur juga jika ada pekerjaan gampang tpi upahnya tidak masuk akal.

So Trust your process & Dont Trust Anyone.

Bagaimana Caranya mendapatkan Kerja Remote bagi Pemula? Bagaimana Caranya mendapatkan Kerja Remote bagi Pemula? Reviewed by Putra on 10:54:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.